Cara Perbaiki Tuner Blok FM Rusak

Singkat Cerita saya dulunya sebelum mengenal komputer sudah kenal dengan dunia Elektronik terlebih dahulu sejak sejak SD, SMP saya sudah berani buka servis peralatan elektronik kecil kecilan buat tambahan saku sekolah he he =D

Dikesempatan ini saya mau berbagi pengalaman dan tata letak kerusakan pada Radio Tuner FM, jaman dulu kebanyakan Tuser (Tukang Servis) ogah benahi bagian ini, mending buang dan beli baru karena murah, itu jaman dulu, sekarang harganya lumayan mahal 80-150ribu, maka dari itu daripada dibuang lebih baik di benahi bagian tuner blok ini..

Rata Rata kerusakan tuner ini pada komponen Transistor dan IC, cara mengetahui sangat mudah, bila blok tuner kita copot gak ada suara desis sama sekali berarti bagian IC LA1260 mati, namun bila masih ada desis berarti bagian Blok Tuner itu yang mati, jangan dibuang, mari kita simak skemanya yang saya dapatkan di internet dari Sumontoro's Blog , saya ucapkan terimakasih pada beliau, dibawah ini skemanya :
Nah dari skema diatas kita bisa menelusuri jalurnya, karena rata rata kerusakan pada Transistor maka Blok langsung saya copot dari tabungnya untuk di eksekusi
cek apakah semua komponen dengan jeli apakah ada yang mencurigakan retak, gosong atau patah, bila gak ada ya copot transistornya untuk di tes satu persatu dengan avo meter.

Dibawah ini saya punya contoh blok tuner yang mati karena transistor kebakar kelihatan pecah, maklum jenis tuner baru berkomponen SMD kurang tahan lama dan langsung saya ganti dengan transistor sejenisnya yang sama tugasnya sebagai penguat IF karena letaknya dekat dengan trafo IF :

Hasil pengetesan langsung JRENG,, sukses, tuner Bangkit dari kematiannya dan keluar fenomena suara suara musik dan orang berbincang bincang. ha ha.... bercanda bos.. biar gak tegang....

Diatas merupakan kerusakan paling mudah di ketahui karena berwujud rusak bisa dilihat dengan jelas..

Dibawah ini ada saya ada contoh lagi tuner blok yang mati bukan karena transistor, jadi tahab keselanjutkan kita harus mengukur voltase yang masuk dari kaki kaki transistor.. bila ada salah satu tegangan gak masuk berarti masalah pada resistor yang menyuplai arus.

Pada kasus tuner kedua ini ternyata yang mati yaitu Resistor bagian Oscilator tuner tersebut di kaki basis yang bernilai 1Mega mati entah short, akhirnya saya coba jumper dengan dengan Resistor 150K :

setelah dicoba dan oscilator bekerja, saya tes :
JRENG.... hidup lagi dari kematiannya... siap digunakan kembali.

Kenapa Resistor yang seharusnya 1Mega saya ganti 150K, karena saya gak punya stok 1Mega jadi saya terpaksa ganti ukuran lain yang sekiranya masih aman di transistor tersebut, dan kenapa saya jumper capasitor 5pF, sebab frequensi berubah jadi naik lebih dari 108Mhz,

Begitulah cara cara perbaiki Radio FM Tuner Blok lama. Semoga Bermanfaat.

Info dan Pertanyaan bisa ditanyakan di kolom komentar, Terima Kasih. (^_^)



EmoticonEmoticon